Open Innovation sebagai model bisnis baru (apa itu?)

Posted: October 9, 2010 in Uncategorized

Ok, jadi sekarang kita mau membahas Open Innovation.

Apa itu? istilah yang sangat asing..

Nah, dari beberapa info yang saya dapat ( terutama dari om Google, om Wiki, dll), Open Innovation pada intinya adalah membuka diri untuk menerima inovasi dari luar. Dalam suatu perusahaan, inovasi tidak lagi dituntut harus dari orang dalam, muncul dari ide internal, melainkan inovasi bisa diperoleh dari luar perusahaan, dari lingkungan, yaitu dengan beberapa cara, salah satunya bisa dengan membeli lisensi.

Suatu perusahaan harus benar-benar membuka mata dengan berbagai peluang-peluang yang ada di luar, termasuk dalam mencari sumber inovasi. Sudah bukan saatnya lagi Close Innovation, yang memiliki paradigma bahwa inovasi membutuhkan kontrol. Munculnya close innovation sendiri dimulai di abad 20-an, di mana Perguruan-perguruan tinggi dan pemerintah tidak terlibat dalam hal-hal penemuan yang dikomersialkan. Sehingga para pemain bisnis pada saat itu tidak tahu dengan pasti berbagai perkembangan teknologi atau inovasi lain, yang akhirnya menuntut para pebisnis/owner perusahaan untuk melakukan riset sendiri.

Kemudian, seiring berjalannya waktu, muncullah empat faktor utama yang mendorong munculnya Open Innovation, yaitu:

1 Kemampuan para pekerja yang mulai meningkat

2 Pertumbuhan pasar modal

3 Mulai banyaknya ketersediaan berbagai ide yang ada di luar perusahaan

4 Meningkatnya kemampuan para eksternal supplier

Open Innovation sendiri menurut saya adalah suatu hal yang harus sesegera mungkin disadari oleh perusahaan manapun yang bermain di sektor apapun. bagaimana tidak? di jaman sekarang yang penuh dengan kompetisi, semua dituntut memberikan suatu produk yang breaktrough, sesuatu yang lain, menarik, dan benar-benar diminati oleh pasar. Kata orang dari dulu, “kita harus kreatif”, tapi kalau kata saya, kita juga harus lebih kreatif untuk memperoleh ke-kreatifitas-an itu. Gunakan peluang sekecil apapun untuk memperoleh kreatifitas atau inovasi. Betul tidak? hehe

Nah, biar lebih jelas lagi, ini ada satu video yang secara singkat dan padat menjelaskan tentang Open Innovation. Silakan disimak gan!

Comments
  1. abenk says:

    nice info ..salam kenal….
    check it out.. klik ini

Leave a comment